Inilah 7 Cara Mudah dan Jitu Menghafal Juz Amma, Agar Bacaan Sholatmu Nggak Itu-itu Aja

Mencoba untuk menghafal sesuatu yang sifatnya continue dan emang agak-agak susah. Misalkan Juz Amma aja, sering membuat kita lupa bahwa menghafal surat di dalamnya itu begitu penting sebagai umat muslim.

Apalagi pas melakukan ibadah sholat, tentu kita ingin membaca surat-surat pendek yang tidak hanya itu-itu aja bukan? Hati ini bisa tenang rasanya, jika dapat menghafal banyak surat pendek, yang tafsirannya itu begitu banyak manfaat di kehidupan kita.

Nah, tak hanya Al-Fatihah, surat Al-Ikhlas dan An-Naas saja yang seharusnya kamu hafalkan dan lafadzkan ketika melakukan ibadah sholat. Di bawah ini akan memberikanmu beberapa trik and tip lengkap serta ampuh untuk menghafal Juz Amma hanya dibutuhkan 30 hari saja!

1. Awali dirimu dengan Niat yang Baik. Juga tak perlu menyiksa diri dengan melahap banyak surat.

” Jika tidak di dasari dengan niat dan konsisten, tips selanjutnya akan percuma saja, lho bro”

Untuk mudah menghafal dasari dulu dengan awal niat serta konsistensi yang tinggi, sebelum kamu memulai step lanjutannya. Tapi ingat, juga tak perlu menyiksa diri kamu dengan membaca seluruh bagian Juz Amma, kamu dapat memulai dengan surat-surat pendek yang dianggap paling mudah.

Kemudian bacalah dengan tartil dan berulang-ulang agar lebih efektif lagi untuk menghafalnya.

O, iya kalau bisa pelajari juga harokat serta tajwid yang benar agar kamu nggak asal bacanya. Jika perlu meminta tolong kepada teman atau kerabatmu, dan kalau gak bisa minta bantuan sama guru ngaji yang lebih mumpuni dalam hal ini.

2. Targetkan untuk mengganti surat pendek pada setiap rakaat shalatmu. Agar hasil hafalanmu hilang di lahap angin!

“Kalau waktu Sholat Subuh kamu membaca surat An Naas atau Al-Ikhlas, coba baca surat At Taariq atau surat Al Kautsar saat Sholat Dzuhur dan seterusnya, ya.”

“Dapat dan hafalkan 1 sampai 2 surat dalam sehari dan raih 30-60 surat dalam sebulan.”
Untuk step seperti ini kamu nggak perlu untuk memaksakan kemampuanmu dalam menghafal surat-surat pendek. Cobalah untuk mengganti surat-surat pendek yang sekiranya itu kamu bisa Sholat, dan targetkan dirimu untuk segera dapat menghafal surat lain, bukan malah berleha-leha.

Dengan seperti ini kamu akan terpacu untuk terus belajar Juz Amma dengan serius dan akan semakin khusyu” di dalam sholat. Selamat mencoba!

3. Untuk sekarang, coba unduh aplikasi bacaan-bacaan Juz Amma di laptop atau Gadget kamu.

Di zaman kayak gini serba ada, kamu nggak perlu susah-susah untuk membawa Juz Amma kemana-mana, kalau ingin cepat menghafal surat-surat di dalamnya. Unduh saja aplikasi Juz Amma di Internet dan simpan pada lepi (laptop) atau gadgetmu.

Dengan tujuan agar kamu dimudahkan untuk mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Buka dan baca, kalau perlu pelajarilah di kala sempat supaya kamuj nggak cuma stalking account mantan atau pacar melulu. Ok!

4. Download MP3 surat-surat pendek, kemudian dengarkan dengan apik dan pahami bacaanya.

Jangan cuma lagu-lagu galau mengingat mantan aja yang jadi koleksi di Mp3 kamu, bacaan-bacaan Juz Amma juga dapat kamu simpan demi tahap menghafal yang lebih efektif serta bisa kamu setel dimana saja dan kapan saja.

Seenggaknya kamu lakukan langkah ini ketika sebelum tidur atau waktu santaimu di rumah, dengan tujuan agar tetep fokus dan nggak terganggui dengan aktivitas di luar yang bikin berantakan.

5. Cobalah untuk meluangkan waktu 5-15 menit waktu tengah malammu untuk terjaga.

Seperti saat kamu menjalani Ujian Nasional dulu, bangun tengah malam kayak kewajiban demi untuk mendapatkan nilai yang baik serta memuaskan ketika lulus nanti. Kantuk, lelah ketika melanda seolah tidak ada artinya bagimu.

Seketika itu juga kamu kebayang-bayang kelulusanmu sudah di depan matamu. Nah, untuk kali ini sama halnya dengan bangun di tengah malam untuk menghafal Juz Amma, kamu dapat melakukannya tanpa keterpaksaan demi menambah kekayaan bacaan surat-surat pendekmu itu.

6. Kalau perlu, bikin post it. Tempelkan di spot yang gampang terlihat mata.

Menulis itu juga penting, dengan kamu menuliskannya di kertas lalu tempel di tempat-tempat favorit, atau memorialmu akan semakin terasah dan lama kelamaan kamu akan cepat untuk hafal dengan sendiri nantinya.

Meski itu hanya nampak sekilas, kamu akan terus menerus mengingat dan otomotis membacanya meski hanya 5 menit untuk seharinya. Simpel kan?

7. Penting juga untuk kamu punya diary hafalan. Agar kamu lebih gampang tracking kemajuan.

“Paling tidak, kamu jugaperlu menghafal 30 surat dalam 30 hari atau 60 surat dalam 60 hari dan seterusnya agar pengetahuamu makin kaya”

Catat dalam buku harianmu, perencanaanya apa saja yang telah kamu bisa dalam 30 hari untuk menghafal. Paling tidak, 30 surat pendek yang telah kamu kuasai serta untuk pahami secara seksama itu bisa kamu aplikasikan dalam sholat 5 waktu saja sudah cukup untuk sukses dalam menghafal.

Well, lakukan semua langkah-langkah ini dengan tertib dan kalau bisa konsisten, juga itu diperlukan! Ingat juga nggak perlu ngotot, tapi tetep continue saja demi memperkaya bacaan-bacaan Juz Amma yang slama ini masih sering disepeleka. Good Luck, Selamat mencoba bro!

Loading...

Leave a Comment