Jangan Pernah menyingkat Assalamualaikum, Ternyata Ini Bahayanya..

Ucapan Assalamualaikum merupakan salam bagi umat muslim. Juga merupakan sopan santun pada pemilik rumah atau orang yang lebih dituakan.

Tapi banyak orang yang mempersingkat ucapan assalamualaikum, memang terdengar lebih instan tapi nyatanya lebih tidak bermakna. perkataan salam merupakan suatu do’a yang bermanfaat buat membagikan rahmat dan juga kebaikan kepada orang yang mengucapkan dan juga kepada orang - orang yang menjawabnya.

sering - kali di sosial media ataupun melalui pesan pendek, kita lebih bahagia menyingkat perkataan salam supaya tidak memakan banyak kepribadian, paling utama di sosial media twitter yang terbatas pada 140 huruf, kalimat “assalamualaikum” aja sudah memakan 15 huruf, terlebih bila kita menuliskan salam yang lengkap ialah “assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh” yang memakan 41 kepribadian, sampai - sampai cuma tersisa sedikit kepribadian yang dapat kita tuliskan tiap kita mengirim suatu kicauan ataupun “tweet”.

terdapat banyak singkatan dari kata assalamualaikum yang kerap dipakai serupa “ass. ”, “askum”, “samlekum”, ataupun “mikum”. tetapi nyatanya, perkata yang dipakai bagaikan pengganti perkataan salam tersebut malah bukannya bawa kebaikan, tetapi malah tidak terdapat maknanya untuk yang mengucap dan juga yang menanggapi. ada juga perkata yang biasa dipakai buat jadi penyingkat perkataan salam yang sangat mulia dan juga sepatutnya berikan kebaikan pada umat manusia merupakan bagaikan berikut:

1. samlekum
2. syalom
3. ass
4. as
5. assamu
6. mikum
7. askum

sebagian dari kata singkatan assalamualaikum di atas tidak mempunyai makna, dan juga melukai makna dari assalamu’alaikum yang maknanya merupakan buat mendoakan keselamatan ataupun kedamaian pada kerabat kita yang seiman. syalom seorang diri benar merupakan suatu bahasa ibrani, bahasa israel yang berarti kedamaian, kepenuhan, dan juga kemakmuran. maksudnya benar mirip dengan perkataan salam, tetapi dengan mengucap shalom kita tidak memperoleh kebaikan yang terdapat dalam perkataan assalamu’alaikum.

buat kata “ass” seorang diri terdapat sebagian perdebatan, dan juga perdebatan amat menarik merupakan permasalahan bias bahasa. benar dalam bahasa inggris ass dapat berarti keledai ataupun bokong seorang. tetapi apakah berarti bila kita mengatakan ass, maksudnya kita senantiasa mengucap pantat? tentu aja tidak, mengingat kita tidaklah suatu negeri yang penutur utamanya memakai bahasa inggris. pada kesimpulannya, benar permasalahan bahasa ini merupakan permasalahan yang sangat pelik penyelesaiannya. trik amat gampang menyikapinya merupakan dengan mengenali kalau kata “dhahar” seorang diri di wilayah indonesia dapat berubah maksudnya, dimana di satu wilayah merupakan perihal yang sopan sedangkan di bahasa yang lain merupakan suatu yang nadanya kesat. perihal yang sama pula terjalin dengan kata “ass” ini, karna iktikad kita baik tetapi kita tidak mengenali kalau di tempat lain perihal tersebut merupakan kurang baik.

gimana pengucapan salam yang baik?

walaupun benar tidak hendak terjalin perpindahan arti dari penyingkatan bahasa yang dibahas dalam sebagian informasi yang membicarakan tentang “jangan menyingkat assalamualaikum”, tetapi itu bukan berarti kita dapat seenaknya buat menyingkat kalimat tersebut.

ungkapan salam yang tercantunm dalam “assalamualaikum” nyatanya mempunyai dampak bagaikan berikut:

assalamualaikum hendak berikan kita 10 kebaikan.
assalamualaikum warahmatullah hendak membikin kita menerima 20 kebaikan
assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh hendak membagikan kita kebaikan yang sempurna.

sebagian orang bisa jadi benar menyangka kalau penyingkatan salam merupakan perihal yang beresiko, tetapi senantiasa terdapat sebab di balik itu paling utama di media sosial. kita wajib dapat membiasakan bobot tulisan kita dengan terbatasnya dimensi yang terdapat. jadi, kala kita menciptakan informasi lain yang bicara tentang “jangan menyingkat assalamualaikum”, terdapat baiknya kita pula membenarkan kalau tulisan tersebut benar dan juga sudah lewat riset yang lingkungan.

Jadi teman-teman muslim lebih baik kita ucapkan salam yang benar dan bermakna, karena salam adalah doa.

Sumber: http://islamdetikini.blogspot.co.id

Loading...

Leave a Comment