Jangan Ragu Bersedekah Ternyata Ini Keutamaan Yang Akan Kalian Dapatkan..

Agama islam adalah agama yang sempurna dan rahmatan lil ‘alamin. Agama yang penuh dengan kebaikan dan kemudahan untuk dijalankan oleh pemeluknya. Di antara bentuk rahmatnya adalah dianjurkannya bersedekah.

Saat bulan Ramadhan adalah waktu terbaik untuk memperbaiki diri. Selain menjalankan berbagai ibadah Ramadan seperti puasa dan salat tarawih, bersedekah pun menjadi salah satu amalan yang dianjurkan di bulan yang suci ini.

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu bersedekah. Hal ini lantaran Allah telah berjanji akan menghapus dosa umatnya yang gemar bersedekah. Sebagaimana

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

Jika dilakukan di hari biasa saja sudah mendapatkan pahala apalagi jika dilakukan di bulan suci Ramadan, tentu pahalanya akan berlipat-lipat.

Tak hanya itu, nyatanya jika bersedekah dilakukan untuk melengkapi ibadah wajib di bulan Ramadan seperti sholat dan puasa, jaminan balasannya adalah Surga. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946).

Teman-teman di bulan suci Ramadhan selain memperbaiki diri dan hati kita, bersedekah dan membahagiakan orang lain akan menambah pahala kita.

Sumber: https://www.bintang.com

Loading...

Leave a Comment